• Daftar Isi
  • Versi Normal JKT48
Chibi Maruko Chan

Satria Garuda BIMA-X

Written By Unknown on Selasa, 26 Agustus 2014 | 10.47

Table

Format Pembuat Perancang
Tokusatsu Reino Barack MNC Media
Ishimori Production Ishimori Production

Pemeran Komposer lagu tema Lagu pembuka Lagu penutup Negara
Christian Loho Sajuli Gambara "Kembali Bertahan" oleh UNGU "Let Tomorrow Be" ("Biarkan Esok Jadi") oleh Flumpool Indonesia
Rayhan Febrian
Stella Cornelia
Adhitya Alkatiri
Thalia

Bahasa Jumlah episode
Bahasa Indonesia 50 (Daftar episode)

Produksi

Produser eksekutif : Reino Barack
Durasi : 21 menit per episode

Siaran


Saluran asli Format gambar Format audio Siaran sejak
RCTI 480i SDTV Stereo 7 September 2014
JKT48 TV Dolby Digital 5.1

Kronologi

Diawali oleh : BIMA Satria Garuda


Untuk Serial Satria prekuelnya, lihat BIMA Satria Garuda.

Satria Garuda BIMA-X adalah sebuah serial tokusatsu Indonesia yang merupakan hasil kerja sama MNC Media atas inisiatif Reino Barack dengan Ishimori Productions, pembuat serial Kamen Rider. Serial ini adalah musim Ke-2 dari serial BIMA Satria Garuda yang diciptakan Reino Barack bersama Ishimori Pro. Satria Garuda BIMA-X mulai ditayangkan pada 7 September 2014.


Latar belakang

Reino Barack, produser eksekutif serial tokusatsu ini dalam konferensi pers pada tanggal 25 Juni 2014 di MNC Tower Kebon Sirih, Jakarta Pusat, mengumumkan bahwa karena kesuksesan serial prekuelnya, serial Satria Garuda BIMA-X akan mulai tayang pada 7 September 2014 dengan jumlah 50 episode, dua kali jumlah episode prekuelnya. Tahap penggarapan awal serial ini dimulai pada Januari 2014, dengan anggaran lebih besar dari serial pertamanya, dan proses syuting selama tujuh bulan. Cerita dalam serial ini merupakan lanjutan langsung dari serial pertamanya, memunculkan karakter-karakter baru di dalam dunia Serial Satria.[1][2]
Menurut Reino, pembuatan Satria Garuda BIMA-X adalah tantangan yang sangat besar karena mereka ingin menghadirkan konten lokal dalam standar internasional, sehingga MNC kembali bekerjasama dengan dua perusahaan besar Jepang, Ishimori Production, pencipta konten pahlawan super, serta Itochu, perusahaan bisnis lisensi berlingkup global. Sutradara spesialis tokusatsu Jepang Teruyoshi Ishii dan Hideki Oka yang berkontribusi untuk BIMA Satria Garuda kembali hadir sebagai rekan sutradara kru MNC, ditambah Wataru Kikuchi yang masuk menggantikan So Takahashi sebagai penata sinematografi. [3] Dengan sedikit perubahan judul dari prekuelnya, serial Satria Garuda BIMA-X mulai tayang perdana secara spesial di RCTI pada hari Minggu, 7 September 2014, pukul 08.30 WIB, dengan judul Satria Garuda BIMA-X: The Beginning ("Permulaan"). Episode perdana ini tayang dengan durasi dua episode (60 menit), dan akan kembali ditayangkan ulang pada 13 september 2014 pukul 15.30 WIB, kemudian dilanjutkan tayangan mingguan berdurasi 30 menit dari tanggal 14 September 2014. [4]

Tim produksi

Cerita

Kisah Satria Garuda BIMA-X beranjak dari akhir kisah Musim Pertama yang menceritakan usaha Dunia Paralel yang dikuasai Kerajaan VUDO untuk mengambil alih sumber daya Bumi demi menghidupkan dunia mereka yang ada di ambang kehancuran planet yang disebabkan oleh ambisi penguasanya yang jahat, Rasputin. Rasputin berhasil dikalahkan oleh gabungan kekuatan dua Satria Garuda bersaudara, BIMA dan Azazel. Setengah tahun telah berlalu dalam kondisi damai, namun tiba-tiba datang sesosok Dewa misterius penguasa baru VUDO yang bergelar Black Lord. Ray Bramasakti, sang Satria Garuda "BIMA" harus menggunakan segala kekuatan Satria Garuda-nya bersama saudaranya, Reza, sang Satria Garuda "Azazel" untuk melindungi Bumi dan umat manusia dari kekuatan jahat baru VUDO.

Kisah saga tujuh Powerstone

Powerstone (bahasa Indonesia: "batu kekuatan") adalah tujuh batu sumber kekuatan besar Kerajaan VUDO. Masing-masing batu tersebut menyimpan kekuatan unik yang dapat dikuasai oleh pemiliknya. Kisah saga ketujuh Powerstone ini telah menjadi cerita inti sejak kisah BIMA Satria Garuda dimulai, diperebutkan oleh para penguasa VUDO, baik oleh Rasputin maupun Black Lord dalam misi invasi VUDO ke Bumi.[5]
  • Powerstone Merah, dimiliki oleh Ray Bramasakti, berinteraksi dengan pemiliknya lewat sebuah gantelet yang dikenakan di tangan. Powerstone Merah adalah batu yang mengubah pemiliknya menjadi Satria "BIMA", sang Satria Garuda yang bersenjatakan pedang Garuda bernama Helios (Matahari). Powerstone Merah diberikan oleh Mikhail kepada Ray Bramasakti yang terpilih oleh Powerstone Merah untuk mengemban kekuatan "BIMA". Powerstone Merah sempat hancur saat pertempuran dengan kekuatan baru VUDO, namun Ray dengan kekuatan hatinya berhasil membangkitkan kekuatan tersembunyi Powerstone Merah, memberikan Powerstone Merah kekuatan baru yang dapat mengubah Ray menjadi Satria Garuda BIMA-X Flame ("Api") yang berkekuatan Flaming Slash ("tebasan berapi").
  • Powerstone Hitam, dahulu dimiliki oleh Rasputin, penguasa Kerajaan VUDO. Powerstone Hitam ditanamkan oleh Rasputin ke tubuh Reza Bramasakti, mengubah wujudnya menjadi Satria "Azazel", Ksatria Kegelapan VUDO berkekuatan tembakan Dark Shoot dan bersenjatakan pedang Garuda gelap Taranis yang berkekuatan serangan lontaran pedang Taranis Breaker, pedang Black Thunder ("Petir Hitam"), dan busur panah Taranis Blaster.
  • Powerstone Biru, dahulu dimiliki oleh Topeng Besi, panglima perang tertinggi Kerajaan VUDO sekaligus tangan kanan Rasputin, Raja VUDO. Setelah sempat menghilang dalam pertarungan dengan kekuatan baru VUDO, Powerstone Biru diperoleh kembali oleh BIMA-X, memberinya kekuatan atas angin yang membuatnya dapat terbang, dan juga wujud Satria Garuda BIMA-X Storm ("Badai") yang berkekuatan Hurricane ("Topan"), serta mengubah pedang Helios menjadi pedang ganda dan busur panah.
  • Powerstone Hijau, menghilang dalam pertempuran besar BIMA dan Azazel melawan Rasputin. Powerstone Hijau mengandung kekuatan Earth (tanah), dan mengubah pedang Helios menjadi kapak dengan kekuatan luar biasa.
  • Powerstone Ungu, menghilang dalam pertempuran besar BIMA dan Azazel melawan Rasputin. Powerstone Ungu mengandung kekuatan Magnetic (gelombang magnet), dan mengubah pedang Helios menjadi pedang dan piston magnet yang dapat memanipulasi benda logam.
  • Powerstone Putih, menghilang dalam pertempuran besar BIMA dan Azazel melawan Rasputin.
  • Powerstone Kuning, menghilang dalam pertempuran besar BIMA dan Azazel melawan Rasputin.
Selain ketujuh Powerstone, kini hadir pula Powerstone Sintetis, hasil dari mesin duplikasi Powerstone yang diciptakan oleh Rexor, ilmuwan terkemuka Black Lord sekaligus pemimpin trio Death Phantoms. Powerstone Sintetis ditanamkan ke dalam monster-monster anak buah Black Lord, dan walaupun tak sekuat aslinya telah memberikan monster-monster Black Lord kekuatan dahsyat melebihi monster-monster Rasputin, mantan penguasa VUDO, bahkan dapat menghidupkan kembali monster-monster VUDO.

Tokoh dan pemeran

Tokoh utama

  • Ray Bramasakti / "Satria Garuda BIMA-X" sang Satria Garuda merah, tokoh protagonis sekaligus pahlawan super dalam serial ini. Baik, pendiam, rendah hati, namun berprinsip mulia. Ray muda terpilih mendapatkan batu kekuatan misterius dari Dunia Paralel. Powerstone tersebut dapat mengubah Ray menjadi "BIMA", Satria Garuda yang mempunyai kekuatan Garuda dari Powerstone Merah: gesit, fokus, dan kuat. Ray bergulat dengan maut dan meregang nyawa setelah bertempur menghadapi kekuatan baru VUDO di bawah Black Lord, namun kekuatan Powerstone Merah yang tersembunyi membangkitkannya menjadi Satria Garuda "BIMA-X", Satria Garuda dengan kekuatan hati yang pantang menyerah. Ray adalah kakak kandung Reza Bramasakti yang pernah diculik oleh Kerajaan VUDO saat dikuasai Rasputin. Ray diperankan oleh Christian Loho.
  • Reza Bramasakti / "Satria Garuda Azazel", adik Ray yang saat kecil diculik oleh VUDO dan selama 21 tahun terpisah dari kakaknya. Reza dibesarkan di Dunia Paralel dengan nama Mikhail, namun jati dirinya yang kuat sebagai manusia mendorongnya melarikan diri ke Bumi untuk mencari seorang yang dapat menyelamatkan Bumi dari VUDO. Reza dirubah menjadi "Azazel", Ksatria Kegelapan VUDO, setelah dicuci otak dan diberikan kekuatan Powerstone Hitam oleh Rasputin, Penguasa VUDO. Setelah kekalahan Rasputin, Reza bergabung kembali dengan Ray dan keluarga angkatnya, menggabungkan kekuatannya dengan Ray sebagai duo Satria Garuda yang siap melindungi Bumi. Reza diperankan oleh Adhitya Alkatiri.
  • Randy Iskandar, kakak kandung Rena, keluarga angkat Ray, tulang punggung keluarga Iskandar dan Bramasakti yang memiliki usaha Bengkel "Satria Motors". Perangai Randy yang kebapakan membuatnya menjadi sosok kakak pelindung bagi Rena dan Ray. Dia juga adalah sahabat kecil Ray sejak sekolah dan mengetahui sepak terjang Ray sebagai "BIMA". Randy juga mewarisi harta yang cukup dari kedua orangtuanya yang hilang. Randy diperankan oleh Rayhan Febrian.
  • Rena Iskandar, adik kandung Randy, adik angkat Ray, dan seorang pelajar yang cerdik dan berhobi memasak. Rena sangat menghormati Ray dan Randy, tapi sebenarnya menyimpan perasaan pada Ray. Rena kini telah mengetahui tanggungjawab yang diemban Ray sebagai BIMA setelah beberapa kali diselamatkan oleh BIMA dari serangan VUDO. Walaupun tidak mahir bela diri, Rena adalah gadis pemberani yang turut serta bertarung melawan kejahatan dengan keluarga yang disayanginya.[6] Rena diperankan oleh Stella Cornelia, mantan anggota grup idola JKT48.
  • Paman Iwan, orang yang mengasuh Ray, Reza, Randy, dan Rena. Selalu tampil botak berkacamata dengan tawa yang keras dan selera makan besar, Paman Iwan adalah orang yang sangat sabar terhadap anak-anak asuhnya. Paman Iwan diperankan oleh Abio Abie.
  • Ricca, sosok gadis misterius yang bekerja sebagai asisten untuk keluarga konglomerat Akhsara, pemilik Akhsara Corp. Ricca adalah gadis dengan ilmu dan wawasan yang sangat luas. Ricca muncul sejak Episode Spesial perdana dan diperankan oleh Thalia dari grup idola JKT48 Team KIII.

VUDO

  • Black Lord ("Penguasa Hitam"), sosok Dewa misterius berkekuatan besar yang ingin menguasai Bumi. Sebelumnya bergelar Black Priest ("Pendeta Hitam"), dia adalah sosok bertopeng tengkorak emas yang merupakan pemimpin perang tertinggi baru VUDO. Setelah jatuhnya Rasputin yang mengkhianatinya dengan mengambil ketujuh Powerstone dalam konflik kekuasaan internal di Kerajaan VUDO, dia kini memegang kekuasaan yang jauh lebih besar dan menggunakan gelar Black Lord. Suara Black Lord ditampilkan oleh Budi Santoso.
  • Topeng Besi, mantan Panglima Perang Kerajaan VUDO dan baju zirah baja yang dihidupkan secara magis oleh sihir Rasputin, penguasa VUDO. Pernah mengabdi pada Rasputin sebagai Panglima Tertinggi VUDO, Topeng Besi sempat hancur setelah pertarungan besar dengan BIMA, namun kemudian diberi jiwa baru oleh Black Priest. Topeng Besi mengakhiri hidup Rasputin yang telah terluka, dan menyatakan Black Priest sebagai penguasa baru VUDO. Topeng Besi kini kembali bersama kelompok Shadow Crisis yang pernah mengabdi pada Rasputin, wujudnya pun berubah karena Powerstone Sintetis yang ditanamkan Rexor di zirahnya. Dengan tangan meriam energi yang berkekuatan Iron Blaster Magnum ("Meriam Penghancur Besi"), Iron Rapid Blaster ("Meriam Cepat Besi"), dan Iron Punch ("Pukulan Besi"), dia kini juga memiliki kapal tempurnya sendiri yang bernama Ghost Ship ("Kapal Hantu"). Suara Topeng Besi ditampilkan oleh Solihin.
  • Prajurit VUDO / Kuranion, tentara perang VUDO dan anak buah Black Lord yang bersenjata tongkat.

Death Phantoms

Trio Death Phantoms ("Bayang-bayang Kematian") adalah kelompok tempur dari Dewa Black Lord, masing-masing mengendarai kapal antar-dimensi yang dapat bergabung menjadi sebuah kapal tempur. Mereka diutus ke Bumi dan menyamar sebagai manusia untuk menjalankan misi-misi besar sebagai perwakilan dari Black Lord.
  • Rexor / Reza Alamsyah, pimpinan dari Death Phantoms yang bertopeng tiranosaurus. Paling cerdas di antara trio Death Phantoms, Rexor berhasil menciptakan mesin yang dapat menduplikasi Powerstone, menghasilkan Powerstone sintetis yang ditanamkannya di monster-monster anak buah Black Lord. Walaupun tak sekuat aslinya, Powerstone sintetis memberikan monster-monster Black Lord kekuatan dahsyat. Memimpin misi invasi ke Bumi, dia menyamar menjadi seorang Menteri Pencaharian dan Penelitian Sumber Daya Alam. Wujud manusia dan suara Rexor ditampilkan oleh Agus Leo.
  • Lady Mossa / Amestina Seraphine, bertopeng mosasaurus dan menyamar sebagai seorang wanita pengusaha batu perhiasan dengan nama panggilan Tina. Tina dapat mengakses informasi dan penemuan batu alam baru dengan kedok usaha batu perhiasannya. Wujud manusia dan suara Lady Mossa ditampilkan oleh Paramitha Putri.
  • Draconer / Chris Ruslan, bertopeng pteranodon dan dalam misinya menyamar sebagai seorang jurnalis muda pembawa acara berita Hot Scramble. Draconer memilih penyamaran ini untuk menjangkau dan memanipulasi jaringan berita dan informasi terbaru di Bumi demi kepentingan VUDO. Wujud manusia dan suara Draconer ditampilkan oleh Yoga Hoebner.

Shadow Crisis

Dahulu para perwira kebanggaan pemimpin tertinggi VUDO, Shadow Crisis ("Krisis Bayangan") adalah kelompok perwira elit terpercaya Rasputin. Dua perwira elit Shadow Crisis kini telah bangkit kembali secara misterius dan mengabdi pada Topeng Besi yang telah hidup kembali.
  • Zacros, monster kambing berperangai cakap dan licik yang bersenjatakan tombak bertanduk Zacros Lance ("Tombak Zacros") dan dapat menciptakan ilusi dan memanipulasi alam mimpi manusia. Pengisi suara: Maulana Dwi Laksono
  • Karax, monster gagak berperangai pongah yang bersenjatakan pedang Crow Sword ("Pedang Gagak"). Karax berkekuatan bulu-bulu tajam berdaya ledak yang dapat dilontarkan, yaitu Crow Shoot ("Tembakan Gagak"). Pengisi suara: Eddie Setiawan

Monster VUDO

Monster VUDO anak buah Black Lord adalah perwira-perwira VUDO yang mendapatkan kekuatan mereka dari Powerstone Sintetis yang ditanamkan Rexor di tubuh mereka.
  • Proteus, monster komodo, muncul di Episode Spesial dan di Episode 9 dalam mimpi buruk Ray. Proteus dapat memanjangkan lengan kirinya dan menyerang laksana cambuk dan tombak. Dia juga dapat menembakkan ledakan energi yang sangat dahsyat dari mulutnya. Pengisi suara: Ashari.
  • Bachyura, monster kepiting, muncul di Episode 1 dan 2. Bachyura mempunyai kekuatan aneh yang dapat menciptakan gempa bumi dan naiknya suhu air maupun udara di permukaan Bumi. Dia juga dapat menyerang dengan capit di lengan kanannya yang berkekuatan listrik. Pengisi suara: Guritno.
  • Azelot, monster lebah, muncul di Episode 3 dan 4. Azelot adalah perwira ahli pedang Kerajaan VUDO yang bersenjatakan pedang anggar di lengan kirinya, dan mempunyai jurus pamungkas bee stinger edge ("ujung penyengat lebah"), dia juga sempat mendapatkan Powerstone Biru dari Lady Mossa, memberinya kekuatan atas angin berupa bee tornado ("tornado lebah") dan sebuah kapal perang lebah. Pengisi suara: Guritno.
  • Zoik, monster isopoda, muncul di Episode 7 dan 8 yang bernuansa komedi. Zoik adalah perwira VUDO yang selalu merasa kelaparan. Ia akan memakan apa pun yang ia lihat saat sedang lapar, bahkan menilai kelezatan benda yang dimakannya. Hal ini membuat Draconer memerintahkannya untuk memakan BIMA-X. Pengisi Suara: Agus Salman.
  • Raflesian, monster raflesia, muncul di Episode 11 dan 12. Tunduk pada Lady Mossa, Raflesian adalah perwira VUDO pertama yang berwujud tumbuhan. Dalam misi mencari Powerstone yang hilang dengan akarnya yang menjangkau seluruh wilayah Jakarta, dia bersenjatakan cambuk dan dapat mengklon dirinya sendiri kapan pun dia mau, membuatnya seolah tak dapat mati. Dia pun dapat mengontrol cincin Scarlet Bintang, cincin perhiasan yang dibuat oleh kedok perusahaan perhiasan Lady Mossa. Pengisi Suara: Julian Widjaja.
  • Guiro, monster armadillo, muncul di Episode 13 dan 14. Guiro adalah perwira VUDO yang selalu bertarung dengan ilmu bela diri tangan kosong dan berkulit baju zirah sebagai perisai tubuhnya. Ia dapat menggulungkan tubuhnya menjadi bola besi untuk menyerang dan memperdaya musuhnya. Pengisi Suara: Marco Damian.

Tokoh sampingan


  • Glitter BIMA, sosok pelindung para Satria Garuda yang tak berwujud fisik, pertama kali muncul di Episode Spesial dalam wujud ilusi naga raksasa di sebuah gua purbakala yang dijelajahi Ray dan kawan-kawannya dalam petualangan mereka mencari empat Powerstone yang hilang sejak kalahnya Rasputin. Sejak itu Glitter BIMA muncul untuk membimbing duo Satria Garuda BIMA dan Azazel. Pengisi suara: Nanang.



Lihat dan Komenar



Jalur lagu

Lagu Pembuka

  • "Kembali Bertahan"

Lagu Penutup

  • "Let Tomorrow Be" ("Biarkan Esok Jadi")
    • Komposisi dan aransemen: Flumpool
    • Artis: Flumpool
    • Diciptakan khusus untuk serial Satria Garuda BIMA-X.

Lain-lain

Enjoyed the article?

0 komentar:

Posting Komentar

Sudoku

Sudoku

Fortune Cookie Flash Vortex

Video Goal

Template Blogger

Wikipedia

Hasil penelusuran

Jadwal Siaran

Blogger

Diberdayakan oleh Blogger.

Mahjongg

Valentine Mahjonngg

Mouse VS Cat

Mouse VS Cat

Image JKT48 2

Image JKT48 2

ATM BERSAMA

ATM BERSAMA
Klik sini KumpulBlogger.com

Cosplay

BIMA X

Bath Baby

Bath Baby

Image JKT48 3

Image JKT48 3

Lagi on the way...

Lagi on the way...

Mini Games Solitaire

Cool Red Outer Glow Pointer